Blog Of Visitor

Selasa, 16 Desember 2008

GAMAL TANAMAN PENGHIJAUAN YANG BANYAK MANFAATNYA

By Devita Sri Raihana
Pohon Gamal, bahasa latinnya adalah Gliricidia Sepium. Sama halnya dengan Kaliandra maka jenis tanaman ini masuk ke dalam kelompok polong-polongan atau Leguminoseae. Gamal merupakan akronim dari Ganyang Mati Alang-Alang yang dikarenakan bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan alang-alang. Di daerah Priangan julukan pohon ini adalah Cebreng, Tancep Langsung Breng (Tumbuh). Di daerah pantai selatan pulau Jawa maka pohon ini bermanfaat sebagai pematah kecepatan angin laut. Daun Gamal dapat diberikan sebagai Pakan Ternak dengan Kandungan Gizi adalah 3 – 6,4% Nitrogen, 0,31% P, 0,77% K, 15 – 30% serat kasar dan 10% Abu. Daun Gamal yang rontok dan jatuh ke tanah pada musim kemarau sangat bermanfaat juga untuk meningkatkan bahan organik serta kadar nitrogen tanah. Pohon Gamal juga dijadikan pohon rambatan Vanili di lahan perkebunan . Daunnya dapat diberikan sebagai Pakan Ternak saat dilakukan Pemangkasan. Pohon, tinggi 2-6 m. Akar, tunggang, berserabut banyak, putih kecoklatan. Batang, tegak, bulat berkerak, berkayu, putih krem, mudah retak; permukaan kulit agak kasar, retak-retak kecil, berlentisel jarang, hijau kecoklatan. Cabang, silindris, berkayu, putih; permukaan kulit berlentisel, hijau muda berkilau. Daun, majemuk, tersebar, bertangkai: tangkai daun 8-12 cm, silindris, gundul, menebal di bagian pangkal, hijau muda; helaian daun, elips hingga jorong, 3-7 x 1,5-3 cm, pangkal tumpul hingga membulat, ujung meruncing, tepi rata; permukaan atas gundul hijau tua, permukaan bawah gundul hijau muda; ibu tulang daun rata pada permukaan atas, menonjol pada permukaan bawah, hijau keputihan; tulang daun sekunder menyirip, 4-6 pasang; urat daun tidak jelas. Perbungaan majemuk, berkarang, berkelamin 2, keluar dari ketiak daun, bertangkai: tangkai bunga 0,5-1 cm, silindris, putih; benang sari kuning, putik putih. Buah, polongan, 10-11,5 cm, hijau. Biji, kecil, coklat. Ekologi, tumbuh dengan baik di daerah lembab hingga daerah yang beriklim kering, banyak di temui di tepi jalan, tepi sungai, di ladang, kebun dan pekarangan sebagai tanaman pagar, serta di tempat-tempat terbuka. Jenis ini dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah dengan ketinggian tempat 1-2000 m dpl. Distribusi, di Indonesia meliputi hampir seluruh wilayah Nusantara, seperti Sumatra, Kalimantan, Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Ambon Ternate, Tidore dan Irian Jaya.
Kegunan dalam hal pengobatan : Pohon gamal berkhasiat sebagai obat penyubur rambut dan penghalus kulit.
Tanaman ini telah lama dapat diperbanyak dengan menggunakan stek batang/cabang dan biji. Cara perbanyakan yang umum dilakukan adalah dengan stek batang/cabang. Perbanyakan dengan stek dilakukan dengan memilih batang atau cabang yang tidak terlalu tua atau terlalu muda dari pohon induk yang tidak terkena penyakit, berdiameter 1,5-2 cm, panjang 15-30 cm, kemudian dipotong miring dan segera ditancapkan pada media tanam di polibag terlebih dulu hingga stek bertunas. Penanaman dilakukan di lapangan yang telah digemburkan tanahnya hingga subur dan pemberian pupuk kandang atau pupuk organik yang telah masak secukupnya, jarak tanam 1x1 m. Gamal tidak membutuhkan perawatan yang intensif, hanya pemangkasan dan penjarangan agar tanaman ini lebih teratur. Penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musin penghujan atau pada ahir musim kemarau.
Penemuan Daun Gamal Sebagai bahan atau zat yang membantu proses pematangan atau pemasakan pisang
Pemasakan pisang dengan menggunakan daun gamal juga terbebas dari zat kimia yang merugikan. Dari sisi pencemaran, penggunaan daun gamal termasuk cara yang ramah lingkungan. Cara pematangan pisang menggunakan daun gamal tidak sulit. Hal itu diungkapkan dua peneliti remaja di Bali di depan dewan juri di babak final. Sekitar pisang diisi daun gamal, kemudian dibungkus dengan menggunakan kampil atau karung. Tunggu tiga hari pisang sudah matang dengan aroma alami.

2 komentar:

nbalike mengatakan...

1、We have excellent customer service team, which could solve online

various problems about the Air

Jordan
we provide in 24 hours.
2、We have perfect Logistics system, which guarantees all the

ordered Nike Air Jordan

shoes
are delivered to you in good shape as fast as

possible
3、We have strong manufacture plant, which are able to provide

various models, sizes & colors of Air Jordan shoes ranging

from 1 to 23 according to what you request
4、We have the first-rate after-sale service , in case that the

Jordan Shoes

products that you receive come across some quality problems, then,

please do not worry, we are abound to refund all the payment in one

week,. Also, the products can be changed in one me month.The main

products we specialize in are showed as follows


Our Jordan Shoes:

air jordan 1
air jordan 2
air jordan 3
air jordan 4
air jordan 5
air jordan 6
jordan 1
jordan 2
jordan 3
jordan 4
jordan 5
jordan 6

Astana Bagus mengatakan...

makasih atas infonya

Artikel Blog