Blog Of Visitor

Kamis, 11 Desember 2008

MANFAAT SAYUR KANGKUNG

By Devita Sri Raihana
Ayo jalan-jalan ke pasar beli sayur Kangkung...! Kangkung bukanlah makanan orang desa, atau makanan wong cilik, tapi kangkung adalah makanan yang dikatagorikan sebagai sayuran yang memiliki banyak vitamin dan zat-zat yang sangat berguna untuk tubuh. Kata Mama sayur kangkung kalau dimasak dengan bumbu yang cocok rasanya enak...coba aja! Apa benar sayur kangkung bisa membuat yang mengkomsumsi menjadi mengantuk...? Kata papaku aku harus banyak membaca buku biar ga salah kaprah...menyalah artikan kangkung yang bikin ngantuk, mungkin ada baiknya membaca banyak artikel tentang kangkung, kalau di Jawa Eyang Kakung emang udah terkenal,...tapi kalau di Bali belum ada yang kenal kecuali mereka yang keturunan Jawa mungkin sudah pada tau kalau Eyang Kakung yang dimaksud adalah temannya Eyang Putri, tapi khan Kangkung disini kita tau adalah sayuran murah tapi banyak kegunaannya, bisa juga untuk obat lho...!
Kangkung termasuk sayur yang sangat populer. Biasa dibuat tumis, cah, atau lalap. Kangkung ternyata juga berkhasiat sebagai antiracun dan bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan. Tanaman kangkung berasal dari India, yang kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, Cina Selatan, Australia, dan Afrika. Di Cina, sayuran ini dikenal sebagai weng cai. Di negara Eropa, kangkung biasa disebut swamp cabbage, water convovulus, atau water spinach
Tumbuh Cepat
Kangkung termasuk suku Convolvulaceae atau keluarga kangkung-kangkungan . Merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan memberikan hasil dalam waktu 4-6 minggu sejak dari benih. Terna semusim dengan panjang 30-50 cm ini merambat pada lumpur dan tempat-tempat yang basah seperti tepi kali, rawa-rawa, atau terapung di atas air. Biasa ditemukan di dataran rendah hingga 1.000 m diatas permukaan laut.
Tanaman bernama Latin Ipomoea reptans ini terdiri dan dua varietas, yakni kangkung darat yang disebut kangkung cina dan kangkung air yang tumbuh secara alami di sawah, rawa, atau parit. Perbedaan antara kangkung darat dan kangkung air terletak pada warna bunga. Kangkung air berbunga putih kemerah-merahan, sedangkan kangkung darat bunga putih bersih.
Perbedaan lainnya pada ben tuk daun dan batang. Kangkung air berbatang dan berdaun lebih besar daripada kangkung darat. Warna batangnya juga bebeda. Kangkung air berbatang hijau, sedangkan kangkung darat putih kehijau-hijauan. Lainnya, kebiasaan berbiji. Kangkung darat lebih banyakbijinya daripada kangkung air itu sebabnya kangkung darat diperbanyak lewat biji, sedangkan kangkung air dengan stek pucuk batang.
Mengandung Vitamin
Bagian tanaman kangkung yang paling penting adalah batang muda dan pucuknya sebagai bahan sayur-mayur. Menurut Dr. Setiawan, kangkung mempunyai rasa manis, tawar, sejuk. Sifat tanaman ini masuk ke dalam meridian usus dan lambung. Efek farmakologis tanaman ini sebagai antiracun (antitoksik) , antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik) , sedatif (obat tidur). Kangkung juga bersifat menyejukkan dan menenangkan.

Herminia de Guzman Ladion, pakar kesehatan dari Filipina, memasukkan kangkung dalam kelompok tanaman penyembuh ajaib. Dinegara itu, tanaman ini dipakai untuk menyembuhkan sembelit dan obat bagi mereka yang sedang melakukan diet. Akar kangkung juga berguna untuk mengobati penyakitwasir.
Manfaat Lain Kangkung 1. Mengurangi haid, Bahan: 1/2kg daun kangkung segar.Pemakaian: Daun kangkung dicuci, tumbuk halus. Lalu, tuangkan air 1/2gelas, berikutnya saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kalisehari sekaligus.
2. Mimisan, Bahan: Seikat daun kangkung segar.Pemakaian: Daun kangkung dicuci, tumbuk halus. Tambahkan sedikit gula,seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum 2 kalisehari.
3. Sakit kepala, Bahan: Seikat daun kangkung segar.Pemakaian: Daun segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Minum air hasil rebusan.
4. Ambeien, Bahan: Segenggam akar kangkung. Pemakaian: Akar kangkung dicuci, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum 2 x 1/2 gelas.
5. Insomnia, Bahan: Daun kangkung. Pemakaian: Sering-sering makan tumis kangkung tanpa batang.
6. Sakit gigi, Bahan: Segenggam akar kangkung, 1/2 sendok teh cuka Pemakaian: Rebus akar kangkung dengan 1 gelas air.Gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari
7. Melancarkan air seni, Bahan: Segenggam akar kangkung. Pemakaian: Akar kangkung direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1gelas.Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.
8. Ketombe, Bahan: Seikat daun kangkung Pemakaian: Rendam daun kangkung semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Lakukan setiap hari.
9. Sembelit, mual bagi ibu hamil, Bahan: Seikat daun kangkung.Pemakaian: Makan tumisan sayur kangkung.
10. Gusi bengkak, Bahan: 200 gr akar kangkung.Pemakaian: Akar kangkung dicuci bersih, lalu direbus dengan 200 cc air dan 200 cc cuka. Setelah hangat, air rebusan digunakan untuk kumur-kumur.Lakukan berulang-ulang.
11. Kapalan, Bahan: Getah kangkung. Pemakaian: Bagian yang menebal diolesi getah kangkung. Lakukan setiaphari.
12. Kulit gatal karena eksim, Bahan: Daun kangkung segar secukupnya.Pemakaian: Daun kangkung dicuci, lalu direbus dengan air secukupnya sekitar 5 menit. Setelah hangat, pakai untuk mencuci bagian yang sakit.Lakukan setiap hari.
13. Digigit lipan, Bahan: Daun kangkung.Pemakaian: Daun kangkung dicuci bersih, tambahkan garam secukupnya. Giling sampai halus, bubuhkan di tempat yang sakit, lalu dibalut.

Tidak ada komentar:

Artikel Blog