Blog Of Visitor

Jumat, 12 Desember 2008

MARKISA HIJAU TETANGGA

By Devita Sri Raihana
Saat jalan-jalan di lingkungan Banjar Surya Buana Perum Dalung Permai, ternyata di sebelah selatan rumahku ada tetangga yang memiliki pohon markisa, awalnya sih aku ga begitu tau kalau itu adalah pohon markisa karena setahuku markisa itu buahnya berwarna kuning kemerahan, tapi yang ini koq hijau...? Dan ternyata markisa itu kalau masih muda memang warnanya hijau, persis seperti jepretan kamera papaku di sebelah kiri ini. Awalnya aku kira itu tomat namun setelah aku perhatikan memang bentuknya lain, kata yang punya rumah : "Ini markisa lho". Kata papaku mungkin lebih baik cari artikel tentang markisa sehingga kita menjadi lebih banyak tahu. Diantara artikel yang papaku baca sih...kira-kira seperti berikut ini :
Markisa (Portugis: maracuj√°; Spanyol: maracuy√°) tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika.
Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Sementara itu, ada pula varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatera Barat yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva).

Syrup Buah Markisa memang minuman yang enak untuk berbuka puasa, atau sebagai minuman dikala waktu santai, kumpul bareng teman, sambil bekerja dan lainnya. Markisa ini sangat enak euy, walaupun sedikit rasa gimana ya coba sendiri dekh. Buah Markisa dimakan langsung juga enak rasanya tapi yang udah masak yaa. Mungkin kita sudah sering dan mengetahui apa sich Buah Markisa itu tetapi untuk lebih mengerti Faisal menceritakannya pada temen2 semua.
Buah Markisa
Tanaman markisa berasal dari Brasil, yang menyebar sampai keIndonesia.Di negara asalnya Markisa tumbuh liar dihutan-hutan basah yang mempunyai ratusan Species Passiflora. Di Indonesia, markisa terutama ditemukan di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung dan SulawesiSelatan.
Tahu tidak, Jenis Buah Markisa yang dibudidayakan di Indonesia adalah
markisa ungu ( Passiflora edulis var. edulis), markisa konyal (Passiflora lingularis ), markisa kuning(Passiflora edulis var. flavicarpa) dan markisa erbis (Passiflora quadrangularis).
Markisa ungu banyak dikembangkan di Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.
Komposisi Buah Markisa
Buah markisa kaya vitamin khususnya vitamin C dan vitamin A. Passiflorance yang dikandungnya berkhasiat untuk mengendorkan urat syaraf.Selain dikonsumsi dalam keadaan segar, daging buah ini juga bisa diolah menjadi sari buah. Sari buah adalah cairan yang diperoleh dengan memeras buah, baik disaring ataupun tidak, yang tidak mengalami fermentasi dan dimaksudkan untuk minuman segar yang langsung diminum. Sari buah markisa memiliki aroma yang keras dan khas dengan rasa yang asam. Jika ditambah pemanis (gula) dan diencerkan maka rasanya akan sangat enak dan cocok untuk dicampur dengan sari buah lainnya.
Pembuatan Syrup Buah Markisa
Cara pembuatan sari buah markisa adalah sebagai berikut m:Pilih buah markisa yang matang dan tidak cacat, cuci bersih dan tiriskan.Potong buah dengan pisau stainless steel, lalu kerok isinya dengan sendok.Hancurkan isi buah dengan mixer, lalu disaring dengan kain saring kasar (yang berlubang-lubang besar Hasil saringan diblender untuk menghaluskan partikel-partikel dan serat buah, kemudian disaring kembali dengan kain saring halus.
Pada tahapan diatas, dapat ditambahkan air matang (air yang telah direbus) untuk mengencerkan sari buah. Jumlah air sekitar 3 x berat hancuran buah.
Air yang terlalu banyak menyebabkan sari buah encer dan flavor markisa menjadi lemah. Tambahkan gula pasir, CMC, dan Na benzoat kedalam sari buah, lalu diaduk rata. Panaskan sari buah hingga mencapai suhu 800C – 850C selama 10 menit.Tuangkan ke dalam wadah (botol) dalam kondisi panas, botol yang telah diisi langsung ditutup dalam kondisi panas. Botol yang telah berisi sari buah markisa kemudian dipanaskan dalam air mendidih selama 30 menit. Setelah pemanasan selesai, botol diangkat dan didinginkan

1 komentar:

mas jang mengatakan...

Makasih ya atas sharenya dapat menambah pengetahuan
salam kenal dari Resep Manisan kolang kaling

Artikel Blog