Blog Of Visitor

Kamis, 27 November 2008

My Traditional Dace With TK Cita Dharma

Saat aku berusia lima tahun aku diberikan kesempatan untuk belajar tari bali.....tapi aku rada-rada kikuk....ga tau deh...kenapa...saat itu aku senang banget ketika aku bersama teman-teman se TK Cita Dharma di Kuta-Utara merayakan hari ulang tahun secara bersama-sama...dan diiringi dengan pentas berbagai tari tradisional bali dan juga pentas tari India, kata mama aku kurang banyak senyum, dan kata papa kalau nari bali bukan hanya tangan, kaki, atau tubuh yang melakukan gerakan tari, tapi juga mata harus ikut menari, wah...aku khan baru belajar Tari Bali...gerakannya sangat komplek...banyak gerakan-gerakan tangan dan mata yang mesti harus sinkron dengan suara dentuman gamelan bali...yang lincah disertai dengan suara gong yang mengalun....seaakan membawa...sang penari bagai bidadari yang turun dali langit ke tujuh menyebarkan aroma wangi bunga ke seluruh alam semesta. Rasanya aku degdegan juga...gimaya ya....saat papa merangkap photographer....melakukan shoting atas gerakan-gerakanku...., rada-rada gemes..deh....soalnya teman-teman gerakannya pada lincah dan amat luwes diiringi dengan tetabuhan tradisional bali.
Kata mama aku harus banyak belajar Tari Bali, karena tari bali jauh membutuhkan lebih banyak energi ketibang tari tradisional lain. Emang...sih...aku kadang-kadang ngerasa agak kaku....ya gimana lagi aku khan turunan Jawa-Bali, jadi dalam tubuhku mengalir darah Jawa (Jogja) dan darah (Bali), jadi ada sedikit darah seni yang mengalir dalam tubuhku. Ya..ga banyak sih..,meskipun demikian papa senang melihat aku menari bali meskipun aku tidak bisa maksimal karena mengingat aku yang masih lima tahun ya..ga boleh terlalu dipaksakan,....mungkin papaku ingin agar aku berkembang dengan normal tanpa harus secara instan yang terlalu dipaksakan. Ya...gitu sih..enaknya...jadi aku juga ga terlalu dibebani dengan banyak keinginan Mama dan Papa untuk melakukan ini dan itu. Putri temanku dia kelihan sangat cantik dengan balutan busana tari tradisional bali, juga Dek Ayu....juga terlihat lebih luwes menarikan tarian bali, karena dia udah sering latihan dan dia juga melakukan kursus tari bali dengan juru tari bali yang udah expert.
Aku cuma biasa-biasa aja koq....ga terlalu ambil pusing dengan segala macam les tari bali...pokoknya aku...latihan sesuai dengan jadwal aja...toh juga aku ga...ngerasa banyak beban dan paksaan. Coba lihat selendang kuningku...! Aku berada nomor tiga dari kiri dan nomor dua dari kanan (maksudnya dari kiri pembaca kekanan), yang paling ujung sebelah kiri adalah Putri dan yang paling ujung sebelah kanan adalah Dek Ayu, cantik khan...? Ayo teman-teman kita latihan tari bali yuk..! supaya kita bisa pentas di ajang international gitu lho..!!

Tidak ada komentar:

Artikel Blog